Program Sekolah Sore Infest

Perkumpulan Infest (Institute of Education Development, Social, Religious and Cultural Studies) sebagai organisasi masyarakat sipil yang bekerja secara swadaya sejak 2009 memiliki visi meningkatkan kualitas pelayanan atas hak warga negara, demokrasi, dan penguatan kapasitas kelompok masyarakat sipil. Visi ini mewujud dalam 2 (dua) kerja inti (core) yakni Pusat Sumber Daya Buruh Migran (PSDBM) dan Perbaikan Tata Kelola Pemerintah Desa (Program Sekolah Desa). Kedua core tersebut telah diimplementasikan dalam pelbagai skema program baik riset, pendampingan dan penguatan kapasitas, hingga inovasi dan pengembangan pelbagai platform teknologi informasi guna mendukung perubahan sosial yang lebih baik di masyarakat.

Kerja panjang Infest di isu buruh migran dan desa turut melahirkan beragam sumber daya pengetahuan, metode, dan infrastruktur teknologi informasi. Dalam rangka mengoptimalkan pelbagai sumber daya tersebut, 3 bulan akhir di tahun 2017 Infest akan menggelar program “Sekolah Sore”. Program yang akan menyasar mahasiswa dan pegiat sosial di Yogyakarta ini akan menjadi sarana mempertemukan individu dari latarbelakang yang beragam dengan “core” dan visi kerja sosial Infest Yogyakarta. Program “Sekolah Sore” Infest dapat pula dikatakan sebagai Program Beasiswa Magang bagi mahasiswa dan pekerja sosial di Yogyakarta, karena selama 3 bulan, tim mentor Infest akan memberi penguatan kapasitas baik isu (desa dan buruh migran), maupun kapasitas teknis pendukung seperti jurnalisme data, knowledge management, foto dan videografi, desain grafis, hingga teknik menjadi fasilitator handal.

Melalui Program “Sekolah Sore”, setelah melalui beragam sesi penguatan kapasitas, peserta akan diajak berkolaborasi dengan Tim mentor dari Infest untuk menyusun misi terkait pengarusutamaan isu (desa dan buruh migran) dan inovasi pengelolaan sumber daya pengetahuan. Proses selama 3 bulan ini diharapkan memberi manfaat baik bagi peserta “Sekolah Sore”, berupa pengetahuan dan perspektif baru tentang desa dan buruh migran. Selain itu, keberadaan peserta “Sekolah Desa” sebagai relawan diharapkan memberi manfaat bagi para pegiat desa dan buruh migran, karena isu desa dan buruh migran akan menjadi topik utama selama pelaksanaan program.

Tujuan

  1. Teroptimalisasikannya Sumber Daya Pengetahuan, Media, dan Infrastruktur TIK di Infest
  2. Adanya kader potensial yang dapat dilibatkan dalam kerja-kerja program Infest di tahun 2018
  3. Pengarusutamaan isu tata kelola pembangunan desa dan perlindungan buruh migran yang dikelola Infest

Bagaimana Cara Mendaftar Sekolah Sore Infest?

  1. Mengisi formulir pendaftaran (s/d 8 November 2017), formulir KLIK DISINI 
  2. Mengirim Riwayat Hidup (curriculum vitae) dan surat rekomendasi (bisa dari dosen, orang tua, pimpinan organisasi/komunitas, kawan, dll) bisa tulis tangan lalu difoto/scan, kirim ke email office@infest.or.id
  3. Mengirim satu tulisan (bisa opini/essai/contoh reportase/berita) ke email office@infest.or.id

Jadwal dan Tahapan Program

A. Tahap Pendaftaran

  1. Proses seleksi peserta  5-8 November 2017
  2. Proses wawancara 10 November 2017
  3. Proses pengumunan 11 November 2017

B. Tahap Penguatan Pengetahuan Isu Desa dan Perlindungan TKI/BMI

  1. Pengantar mengenal Infest Yogyakarta (13 November 2017)
  2. Pengenalan isu perlindungan buruh migran (Sesi 1): Fakta Persoalan BMI vs Regulasi (14 November 2017)
  3. Pengenalan isu perlindungan buruh migran (Sesi 2): Bedah Kasus-Kasus BMI (15 November 2017)
  4. Pengenalan isu perlindungan buruh migran (Sesi 3): Analisa Kasus BMI (16 November 2017)
  5. Kelas pengetahuan teknis: Jurnalisme Data (18 November 2017)
  6. Pengenalan isu desa (Sesi 1): Desa baru vs desa lama setelah UU Desa (20 November 2017)
  7. Pengenalan isu desa (Sesi 2): Peluang dan tantangan pembangunan desa (21 November 2017)
  8. Pengenalan isu desa (Sesi 3): Ruang inovasi pemberdayaan desa (22 November 2017)
  9. Kelas pengelolaan pengetahuan (knowledge management) (24 November 2017)
  10. Pengenalan alat kerja dan metode pendampingan di Infest (27 November 2017)

C. Tahap Praktik Magang dan Pendampingan

  1. Menyusun Misi dan Rencana Aksi: Mainstreeming Isu dan Pengelolaan Sumber Daya (PSDBM dan Sekolah Desa) (1 Desember 2017 s/d 27 Januari 2018)
  2. Menyusun Pembelajaran (Buku dan Video Dokumenter) 27-31 Januari 2018

Ketentuan Sekolah Sore Infest

  1. Peserta tidak dikenai biaya alias gratis
  2. Memiliki minat dan ketertarikan pada isu desa dan BMI/TKI: Peserta adalah mahasiswa semester akhir (diutamakan yang telah menyelesaikan mata kuliah) dan pegiat sosial yang memiliki minat terkait isu desa, perlindungan TKI/buruh migran, pengelolaan media, dan pendampingan masyarakat, usia berkisar diantara 19-35 tahun.
  3. Komitmen pada waktu dan kehadiran: Peserta bersedia mengikuti seluruh rangkaian program “Sekolah Sore Infest” selama 3 bulan (dari November 2017 sampai Januari 2018).
  4. Bersedia bekerja dalam tim: Selain berinteraksi dengan sesama peserta, selama program “Sekolah Sore” peserta juga berinteraksi dengan mentor dan tim dari Infest.
  5. Terlibat dalam kegiatan voluntary: Peserta program “Sekolah Sore Infest” bersedia dilibatkan dalam pelbagai kegiatan kesukarelaan (voluntary) terkait isu tata kelola pembangunan desa dan perlindungan buruh migran.

Apa Keuntungan Peserta Sekolah Sore?

  1. Memperoleh pengetahuan terkini terkait isu desa dan perlindungan buruh migran
  2. Memperoleh pengetahuan teknis seperti jurnalisme data, foto dan videografi, pengelolaan media sosial, teknologi informasi, dll
  3. Berkesempatan untuk direkrut dan bekerja bersama Tim Infest

Gallery Sekolah Sore

Flickr Album Gallery Powered By: Weblizar